fbpx

Sejarah Dompet : dari Koin ke Kertas ke Plastik

Makara Etnik Produsen Tas Dompet Wanita Indonesia Flat Midili Floral Lines Green on Model dan Inside Sejarah Dompet

Dompet adalah semacam tas kecil yang dipakai untk membawa barang-barang pribadi seperti uang tunai, kartu kredit, dan dokumen identifikasi (SIM, kartu identitas, kartu klub, dll.), Foto, pass transit, kartu hadiah, kartu nama dan kertas atau kartu laminasi lainnya. Dompet umumnya terbuat dari kulit atau kain, dan biasanya dibuat dalam ukuran saku dan bisa dilipat, baik lipat dua maupun lipat tiga, sehingga memudahkan untuk ditaruh dalam saku celana atau rok tetapi saat ini ada beberapa jenis dompet yang tidak dapat dilipat.

Kata “dompet” telah digunakan sejak akhir abad ke-14 untuk merujuk pada tas atau ransel untuk membawa barang (misalnya knapzak dalam bahasa Belanda dan Frisia). Dompet pertama kali diciptakan sekitar abad ke-17 di Eropa setelah mata uang kertas diperkenalkan. Sebelumnya, mata uang yang dipakai adalah dalam bentuk koin dan dibawa dalam sebuah kantong serut. Kantong tersebut biasanya diikat di ikat pinggang. Setelah mata uang kertas muncul, maka orang-orang mulai membutuhkan tempat praktis untuk membawa-bawa uang. Akhirnya lahirlah dompet sederhana seukuran uang kertas yang dibuat dari bahan kulit sapi atau kuda. Seperti halnya kantung untuk koin, dompetpun pada umumnya masih diikat di ikat pinggang. Sampai tahun 1834 penggunaan istilah “dompet” mempunyai pengertian sebagai “wadah datar untuk membawa mata uang kertas” tetapi di abad ke-19 dan awal abad ke-20 pengertian ini menjadi salah satu dari banyak pengertian untuk menggambarkan “dompet”.

Kantong Serut

Dompet modern bermodel lipat dua dengan beberapa “slot kartu” menjadi standar dompet pada awal 1950-an dengan diperkenalkannya kartu kredit. Beberapa inovasi termasuk pengenalan dompet yang penggunakan penutup velcro di tahun 1970-an. Dompet berukuran saku tetap populer hingga hari ini.

Makara-Etnik-Produsen-Tas-Dompet-Wanita-Indonesia-Sejarah-Dompet-Dompet-Lipat-Dua

Pada abad ke-21 dompet mulai berkembang dengan menonjolkan sisi trend dan fashion namun masih mempunyai fungsi yang tetap sama. Saat ini perkembangan dompet bukan hanya dari sisi trend dan fashion tetapi juga perubahan fungsinya dengan membuat dompet bergaya minimalis yang hanya dapat membawa uang kertas dan beberapa kartu pengting seperti kartu identias, atm dan kartu kredit, ataupun dompet yang berkembang dengan menambahkan fungsinya sebagai tas handphone atau tablet kecil dalam agar cukup dengan membawa satu wadah yang mudah ditenteng, dijingjing ataupun diselempang.

Makara-Etnik-Produsen-Tas-Dompet-Wanita-Indonesia-MHW-Handy-Wallet-Inside-Sejarah-Dompet
Makara-Etnik-Produsen-Tas-Dompet-Wanita-Indonesia-Flat-Midili-Vintage-Circle-on-model-Sejarah-Dompet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo, ..
Perlu informasi lebih lanjut dari kami?

Kami dengan senang hati siap melayani segala pertanyaan Kakak via WhatsApp :)
Powered by