fbpx

Tips Sederhana Untuk Perawatan Tas

Makara Etnik Produsen Tas Dompet Wanita Indonesia All Stars

Saat ini tas tidak hanya digunakan untuk membawa barang tetapi tas juga bisa digunakan sebagai penunjang untuk menyempurnakan penampilan wanita. Oleh karena itu banyak wanita mengkoleksi tas agar penampilannya terlihat lebih mempesona dengan perpaduan tas yang tepat.

Selain mengkoleksi tas Anda juga harus mengetahui cara merawat tas koleksi Anda agar tas selalu terlihat menarik dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan tas yang bisa Anda lakukan.

Tas Kulit

Tas dengan bahan dasar kulit banyak digemari oleh berbagai kalangan baik dari pria atau pun wanita, baik dari kalangan muda atau pun tua. Jenis tas kulit pun beragam, contohnya ada yang berbahan Cow leather (Kulit sapi tua) dan Soft leather (kulit anak sapi).

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam merawat tas kulit.

  1. Bersihkan bagian dalam tas,
  2. Setelah itu bersihkan bagian dalam tas dengan kapas pembersih wajah atau kain flannel,
  3. Setelah bagian dalam tas sudah bersih ambil kembali kapas atau kain kering yang baru.
  4. Gunakan lotion khusus pembersih tas “Leather & Vinyl”.
  5. Setelah itu, tuangkan lotion di kapas pembersih wajah atau kain flannel dan ratakan. Lalu, usap secara perlahan dengan lembut ke seluruh bagian luar kulit tas.

Setelah bagian luar tas sudah di bersihkan secara merata, letakkan tas di tempat yang sejuk selama 1 jam dan hindari dari terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Karena bisa merusak bahan kulit tas tersebut.

Setelah tas sudah kering, masukan Bubble Warp, Bubble Warp tersebut berfungsi agar bentuk tas tidak berubah. Simpanlah tas yang tidak dipakai di dalam dust bag, jika tidak menggunakan dust bag alangkah baiknya tas disimpan di lemari kaca, pastikan penyimpanan tas diberi jarak dengan tas yang lainnya agar kulit tas tidak menempel dengan tas yang lainnya.

Ketika Anda akan menggunakan tas, sebaiknya Anda membersihkan permukaan tas dengan menggunakan kapas pembersih wajah atau kain flannel.

Tas Suede 

Suede adalah kulit bagian dalam yang disemai atau sering disebut kulit muda dari kulit sapi, ular, buaya domba atau kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan kebutuhan mode

Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat Tas Suede.

  1. Periksa dan pastikan tas dalam keadaan kering. Sikat tas menggunakan sikat halus agar bentuknya terjaga, gunakan juga suede protector agar kualitas kulit selalu terjaga,
  2. Saat menyimpan dan tas sedang tidak digunakan, isilah tas menggunakan kertas minyak putih agar bentuk tas tetap terjaga
  3. Untuk membersihkan tas dari tumpahan minuman atau cairan lain, jangan menggosok tas yang terkena noda cairan agar noda tidak tersebar, melainkan tepuk-tepuk noda cairan dengan handuk kering agar noda cairan tersebut terserap.
  4. Penghapus pensil bisa digunakan untuk membersihkan noda tinta yang mengenai tas suede. Gunakan penghapus berwarna putih untuk tas berwarna cerah dan penghapus berwarna gelap untuk tas suede yang berwarna gelap pula.
  5. Basahi handunk dengan sedikit white vinegar dan gosok secara lembut untuk menghilangkan noda yang membandel. Lakukan metode tersebut hingga tas suede menjadi bersih.

Tas Kanvas

Tas yang terbuat dari bahan kain kanvas ini memiliki keunggulan yaitu bisa di gunakan untuk bergagai macam kegiatan seperti untuk santai, perjalanan travelling, kantor ataupun sekolah dan tas ini yaitu memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk membawa bobot yang cukup berat.

Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat Tas Kanvas.

  1. Untuk menghilangkan debu yang terdapat di tas, Anda dapat menggunakan sikat yang dikhususkan untuk tas.
  2. Tas kanvas tidak membutuhkan tempat penyimpanan khusuk, karena bahan kanvas tidak sensitif dan lebih kuat.
  3. Untuk noda membandel tas kanvas dapat di cuci di laundry khusus tas, tas berbahan kanvas in sangat mudah untuk dibersihkan

Tas Midili

Makara Etnik Produsen Tas Dompet Wanita Indonesia MAO L Series Style Zetta

Bahan midili saat ini sudah menjadi salah satu bahan terbaik yang digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan tas. Teksturnya yang halus dan material berkualitas tinggi, membuat bahan midili ini identik dengan kesan mewah. Karena itulah tas dengan bahan dasar midili memberikan kesan yang cantik, mewah dan elegant.

Tas dengan bahan dasar midili memerlukan perawatan khusus agar bahan tidak cepat mudah rusak terepas dari materialnya yang berkualitas tinggi. Dengan perawatan yang tepat maka Anda tidak perlu khawatir tas anda cepat rusak.

Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat Tas Midili.

  1. Gunakan sikat yang halus untuk membersihkan kotoran atau debu yang melekat pada tas anda, sikat permukaan tas anda satu arah dari atas ke bawah atau kanan ke kiri secara lembut dan hati-hati.
  2. Jika tas terkena noda kecil bisa dihilangkan dengan cara membasahi sedikit kain halus dengan air hangat dan gosok secara lembut dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Jangan menekan terlalu menekan tas anda saat membersihkan noda agar tas tidak rusak. Setelah selesai, tempelkan handuk kering di bagian tas yang agak basah agar airnya terserap.
  3. Noda yang membandel bisa dihilangkan dengan cara mencampurkan detergent dengan air hangat dan aduk sampai berbusa. Ambil busa dari campuran tersebut menggunakan kain dan usap pada noda yang membadel. Terus usap hingga noda membandel hilang. Setelah bersih hilangkan bekas detergent dengan mengelapnya menggunakan handuk kering.
  4. Setelah tas selesai dibersihkan, anda bisa menggunakan sikat halus untuk merapihkan tas anda. Langkah ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi tas anda seperti semula setelah di cuci.

Selain dari tips di atas, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam perawatan tas-tas tersebut. Apabila Anda tidak memiliki lotionLeather & Vinyl” khusus kulit tas asli, Anda bisa menggunakan susu pembersih yang berwarna putih.

Jangan pernah mencoba membersihkan tas dengan menggunakan minyak kayu putih karena akan merusak bahan dari tas tersebut. Jangan membersihkan tas dengan kain Kanebo, karena hal ini bisa berakibat fatal untuk tas anda.

Jika anda memiliki tas branded, ada baiknya anda membeli perangkat tas atau aksesoris tas yang hilang seperti merk, mur, kancing, resleting di toko resmi tempat awal membeli tas.

Apabila anda membetulkan tas yang rusak di tempat jasa pembersihan tas (laundry tas), anda sebagai konsumen harus memperhatikan kondisi tas, agar tidak adanya penipuan. Karena aksesoris tas akan jauh lebih mahal harganya dari pada tas yang anda beli.

Begitulah tips dan cara untuk merawat tas sendiri di rumah. Kini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk merawat tas. Dengan merawat sendiri barang kesayangan anda, maka anda pun dapat menghemat uang dan tidak perlu mengganti tas secara terus-menerus.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Halo, ..
Perlu informasi lebih lanjut dari kami?

Kami dengan senang hati siap melayani segala pertanyaan Kakak via WhatsApp :)
Powered by